Senin, 14 September 2015

Sedikit catatan cinta menuju Red Island, Green Bay Banyuwangi

Karena bersyukur itu melihat apa yg di depan mata, mengagumi, kemudian berucap "Alangkah indahnya ciptaanNya"

Banyuwangi, tentu sudah tidak asing lagi mendengar salah satu kota penutup di ujung timur provinsi Jawa Timur ini. Salut dengan Bapak pemimpin kota ini yg mengangkat daerahnya di bidang pariwisatanya sehingga banyak warga lokal maupun asing yg segera ingin menjajaki destinasi wisata di kota ini.
Akhirnya sayapun mendengar selentingan tentang Pulau Tabuhan, Pulau Menjangan, Gunung Ijen, Kawasan Meru Betiri ( Pantai Rajegwesi, Teluk Hijau, Sukamade), Pulau Merah. Sebagai pecinta vitamin "Sea" , tentu saya bertekad harus bisa ke beberapa titik destinasi itu. Akhirnya melihat kalender ada tanggal merah di hari Senin, ketika hari kemerdekaan RI yg ke 70 terlalu di sia-siakan kalau tidak dimanfaatkan (maklum belum dapet jatah cuti). Di tambah supervisor saya yg orang expat asal Filipina sudah ke red island dan Ijen, ah saya yang warga asli Indonesia Raya belum menjajakkan kaki di sana.
Dan destinasi sudah di tentukan, beberapa sudah di ajak namun di detik-detik H-seminggu akhirnya 6 orang tim siap menjelajah ke kota tetangga. Planning yg terpilih menuju sunset red island dan greenbay. Bersiap 06.15 berangkat dari rumah menuju stasiun, kami menaiki kereta Probowangi jurusan Surabaya-Banyuwangi, tepat pukul 06.45 kereta ini siap membawa kami menuju banyuwangi. 



Tetapi, ada insiden di jember, kereta yg kami naiki menabrak mobil innova dan akhirnya jadwal sampai di stasiun karangasem telat 2 jam , 13.30an baru kami sampai yg seharusnya jadwal 11.30. Selesai menghubungi adventura rental motor yg lokasinya pas di depan stasiun karangasem, satu motor x-ride dan dua motor vario siap kami tunggangi menuju red island. Eh ada yg ketinggalan, guide kami mas trias beserta istri dan anaknya yg masih 14 bulan sudah standby dan siap mengawal kami menuju red island. Perjalanan menuju red island kurang lebih berjarak 80km'an, dan kami lapar, sudah berniat mampir ke warung nasi tempong yg paling enak dan ternyata tutup, warung rekomendasi selanjutnya dari guide kami gak kalah enak dan tentunya murah (saya dan suami cuma habis 25rb).
Sekitar pukul tiga sore kami melanjutkan perjalanan, dag dig dug karna takut g kebagian liat sunsetnya red island. Finally kami sampai tepat jam 5 ketika senja mencapai puncak keindahannya. Jalan menuju red island ini masih nyaman dan layak untuk di lewati, aksesnya mudah dan ketika sampai di sana bebarengan dengan acara lomba surfing jadi ramai sekali. Oiya, tiket masuknya murah meriah, hanya 5.000/orang kita bisa menikmati indahnya senja di sini. Dan hualaaa ini dokumentasi sedikit ketika di red island beach




senja red island

Alangkah indahnya menikmati senja nan indah dengan seseorang yg halal, dan akan selalu dikenang surprise yg disiapin sama mas suami , sukak (akan ditulis terpisah untuk amazing surprised dari mas suami)


Kurang lebih 30 menit menikmati senja di sini kami langsung beranjak ke homestay terdekat dengan greenbay. Yap, perjalanan kurang lebih 20km akan kami lewati. "Ah, deket paling g nyampe 1 jam", itu kata2 yang terungkap awal memulai perjalanan. Eh tapi, setelah melewati perhutani, jalan yg kami lewati itu cihui banget. Kira-kira 10km jalan yg kami lewati itu jalan makadam dan berbatu, satu jam terasa lama sekali apalagi waktu kami lewat matahari sudah terbenam, gelap dan untungnya kami ada guide yg sudah hafal medan jalan di sana. Satu jam berlalu, seluruh bagian badan sudah beradu dengan geronjalan jalanan batu yang kami lalui, ketika sampai di homestay satu kata yang muncul "akhirnyaaaaa". Setelah di isi dengan mie ayam di warung pemilik homestay, badan kami siap untuk istirahat menanti perjalanan ke Greenbay, iyaaa Greenbay. Tepat pukul 04.00 pagi, alarm hp mulai bersautan, ada yg tetap tidur ada yang langsung mandi dan guide kami mas trias tepat pukul 04.30 sudah standby dan siap menghantar kami ke Greenbay. Ready!!! kami jam 05.30 siap melanjutkan perjalanan, karena homestay yg kami tempati rumah terdekat jadi motor kami titipkan ke pemilik rumah. Udaranya masih sejuk dan disuguhi pemandangan yg ciamik perjalanan menuju Greenbay kurang lebih 2km terasa menyenangkan.



Yes, 1 km lagi kami sampai. Semakin masuk ke area meru betiri , pemandangan yg di suguhkan semakin indah. Di sana kami disuguhi pantai batu, pantai yg pasirnya berupa batu-batu, indah. Tidak jauh dari pantai batu, sampailah kami di Greenbay sekitar pukul 06.30, dan area teluk itu masih sepi (rekomen waktu ketika ke sana pagi hari, karena masih sepi serasa pantai milik sendiri), sekitar pukul 08.00 semakin banyak pengunjung yang mulai berdatangan dan semakin siang semakin ramai.




Sesuai plan, kembali dari greenbay kami memilih menaiki kapal mini usaha milik warga setempat. Di patok dengan harga 25rb/orang untuk satu kali jalan, kami memilih sensasi perjalanan yg berbeda ( apabila perjalanan PP harga kapal di patok 35rb/orang, namun kapal ini baru beroperasi sekitar pukul 8 dan jika cuaca sedang bagus).

Seriusan, view ketika naik kapal ini indah pake banget, sayang waktu di kapal mini ini yg lebarnya tidak sampai 1 meter, saya tidak berani mengabadikan view (foto selfie di bawah ini sebenernya sudah dag dig dug takut hp jatuh hehe). Pemandangan di sekitar jalur ketika menaiki kapal mini ini banyak tebing yg menjulang dan air laut di sekitarannya yg bening, masyaallah kuasaMu yg menciptakan pemandangan indah seperti ini

Rute selanjutnya melanjutkan perjalanan ke stasiun karangasem, dan menuju Probolinggo

Yap, itulah sedikit cerita kami dari kota ujung timur pulau jawa ini. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk temen-temen yg mau mengadakan trip ke Banyuwangi.

see you on next trip :) :)

Alangkah indahnya negeri ini,dan sungguh akan tercipta rasa syukur yg lebih ketika kamu melihatnya, meresapinya, dan berucap inilah ciptaanMu Tuhan



*note
Dana : Kereta Api PP = Rp. 58.000/orang
           Sewa Motor = Rp. 75.000/motor/24 jam
           Bensin = Rp. 40.000/motor
           Homestay = Rp. 60.000/orang (include sarapan istimewa, teh hangat/kopi sebelum tracking)
           Guide = Rp. 150.000/team (Mas Trias 082332664697 >> bisa untuk carikan homestay)
           Tiket masuk red island = Rp. 5.000/orang
           Kapal Greenbay = Rp. 25.000/orang

Banyuwangi, 16-17 Agustus 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar